Ilustrasi. F.Pixabay.com

PRO PINANG – Seorang pasien positif Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Tanjungpinang, dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil tiga kali negatif.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang Rustam, mengatakan pasien yang dinyatakan sembuh yakni AL, 45. Sebelumnya pasien yang beralamat di Kelurahan Air Raja Tanjungpinang Timur ini, terkonfirmasi positif Covid-19 pada 1 Mei 2020.

“Terkonfirmasi adalah warga Jakarta yang berkerja sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil) di salah satu kantor instansi vertikal di Kepri,” jelasnya.

Pasien sembuh, kata Rustam, memiliki riwayat perjalanan dinas ke Jakarta dan Bandung pada akhir Februari. Pada 10 Maret 2020, pasien merasa demam, lalu berobat di rumah sakit di Depok. Hasil pemeriksaan menyatakan, penyakit pasien tidak terpapar Covid-19. Namun, pasien melakukan karantina mandiri selama 20 hari di Depok.

“Akhir Maret, kembali bertugas di Tanjungpinang,” sebutnya.

Selama bertugas, lanjut Rustam, pasien tidak pernah merasakan keluhan kesehatan. Namun pada Rapid Test yang digelar instansi bersangkutan pada 27 April 2020, hasilnya reaktif. Pada 28 April 2020 dilakukan pemeriksaan swab untuk PCR, kemudian pada 1 Mei 2020 dinyatakan positif Covid-19.

“Pasien dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri,” ujarnya.

Selanjutnya pasien yang berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) ini, kembali menjalani tiga kali pemeriksaan swab. Pada 3 Mei, 7 Mei dan 11 Mei 2020, hasil PCR menyatakan tiga kali negatif.

Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, pasien sembuh, masih harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari ke depan. (odi)