Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang, Rahma. F.Humas Pemko Tanjungpinang untuk Batam Pos

PRO PINANG – Seorang pasien positif Corona Virus Disease 19 (Covid-19) kembali dinyatakan sembuh setelah menjalani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan hasil tiga kali negatif. Dengan hasil tersebut, 20 pasien Covid-19 telah sembuh di Tanjungpinang.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tanjungpinang Rahma, mengatakan pasien yang dinyatakan sembuh yakni RR, 19. Sebelumnya pasien yang beralamat di Jalan Ir Sutami Tanjungpinang ini, terkonfirmasi positif Covid-19 pada 25 April 2020. Pasien kemudian menjalani perawatan mandiri di bawah pengawasan dokter Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib (RSUD RAT). Selanjutnya pasien kembali menjalani tiga kali pemeriksaan swab. Hasil swab pada 4 Mei, 12 Mei dan 18 Mei 2020, pasien dinyatakan negatif.

Pasien kasus nomor 22 ini, kata Rahma, merupakan kontak erat dengan kasus nomor 13 dan kasus nomor 19.

“Pasien merupakan keponakan dari kasus no 13, merupakan klaster Sei Ladi,” kata Rahma, Selasa (19/5).

Pasien, lanjut Rahma, tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah endemis dan luar negeri. Terkonfirmasi tidak mengalami keluhan kesehatan dan dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, pasien sembuh, masih harus menjalani karantina mandiri selama 14 hari ke depan,” jelasnya.

Pemko Tanjungpinang mengimbau masyarakat Tanjungpinang, tetap mematuhi anjuran pemerintah seperti menggunakan masker bila di luar rumah, sesering mungkin cuci tangan memakai sabun, menjaga jarak antar orang, menghindari kerumunan, tidak menyentuh area muka kecuali dengan tangan yang bersih, tidak keluar rumah bagi yang demam, batuk ataupun sesak nafas.

“Mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, berolahraga teratur. Sedangkan kelompok rentan khususnya penderita penyakit kronis, lansia, ibu hamil dan balita agar tetap berada di rumah,” imbau Rahma. (odi)