Ilustrasi. F.Istimewa

PRO PINANG – Kabupaten Bintan mencatatkan kasus positif Covid-19 yang ke tiga per tanggal 22 Mei 2020. Sementara itu Kota Batam mendapatkan tambahan tujuh kasus positif pada hari yang sama. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan tambahan delapan kasus ini membuat kasus lokal di Provinsi Kepri.

“Dengan tambahan delapan kasus hari ini (kemarin,red), Provinsi Kepri mencatatkan 120 kasus lokal. Kemudian untuk kasus sembuh terjadi penambahan tiga kasus di Batam,” ujar Tjetjep Yudiana, kemarin di Tanjungpinang.

Secara keseluruhan termasuk klaster Rumah Sakit Khusus Infeksi (RSKI) Galang, Batam dengan 29 kasus, tercatat ada 149 kasus positif Covid-19 yang ada di Provinsi Kepri. Menurut Tjetjep, Batam tentunya menjadi atensi tersendiri dengan adanya penambahan kasus beberapa hari belakangan ini. Dijelaskannya, saat ini 26 pasien positif Covid-19 yang menjalani karantina.

“Kemudian pasien positif Covid-19 menjalani perawatan di Rumah Sakit sebanyak 25 orang. Dengan adanya tambahan kasus ini, tentunya daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) juga meningkat tentunya,” jelasnya.

Menurut Tjetjep, per tanggal 22 Mei 2020 ini, PDP bertambah delapan orang, ODP 44 orang, dan OTG bertambah 1 orang di Provinsi Kepri. Sedangkan jumlah yang dinyatakan reaktif Covid-19 sebanyak 290 orang dari 9.302 yang dilakukan Rapid Test. Selain saat ini ada dua PDP yang meninggal, dan masih menunggu hasil lab, apakah disebabkan Covid-19 atau tidak.

“Untuk kasus yang meninggal sampai hari ini masih tercatat ada 12 kasus yang tersebar di Batam dan Tanjungpinang,” tutup Tjetjep.

Sementara itu, dari informasi yang didapat di lapangan, mendiang istri almarhum Walikota Tanjungpinang sudah negatif berdasarkan hasil swab yang keenam kalinya. Saat ini petugas sudah melakukan swab yang ketujuh dan ke delapan dengan berbeda waktu. Namun hasilnya masih belum keluar dari BTKL Kota Batam, apakah hasilnya negatif atau masih positif. (jpg)