Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah. F.Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

PRO PINANG – Meskipun sejumlah posisi Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt). Akan tetapi Pemprov Kepri belum berencana menggelar lelang jabatan atau open bidding dalam waktu dekat ini. Ketua Badan Pertimbangan Pangkat dan Jabatan (Baperjakat) Pemprov Kepri, TS Arif Fadillah mengatakan proses tersebut menunggu definitifnya Plt Gubernur Kepri, Isdianto menjadi Gubernur Kepri.

“Meskipun menunggu waktu tersebut, saat ini proses konsultasi dan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah kami lakukan. Karena memang saat ini, sejumlah posisi kepala OPD dijabat oleh Plt,” ujar Arif Fadillah, belum lama ini di Aula Kantor Gubernur Kepri, Tanjungpinang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, saat ini juga sudah ada kepala OPD yang masuk Masa Persiapan Pensiun (MPP). Ditegaskannya, tidak semua jabatan diisi menggunakan sistem open bidding, karena pihkanya juga akan menerapkan kebijakan lain, yakni melalui job fit. Yakni, dengan melihat kapasitas pejabat yang sudah memuhi syarat dan ketentuan untuk menjadi kepala OPD.

“Kemungkinan besar hanya beberapa saja akan dilakukan open bidding. Sementara, sisanya akan dilakukan job fit sesuai dengan kemampuan dan latar belakang para pejabat eselon II Pemprov Kepri. Ini juga sedang kami bahasa bersama Plt Gubernur sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian,” jelas Arif.

Masih kata Arif, selain meminta petunjuk Kemendagri, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait rencana ini nantinya. Karena sudah ada Surat Edaran Mendagri Nomor 273/487/SJ  pada 21 Januari lalu terkait dukungan Pemda untuk menyukseskan Pilkada serentak mulai dari penggantian pejabat , pengisian kekosongan jabatan kepala daerah sampai dengan dukungan PNS.

Atas persoalan itu, pihaknya akan selalu berkonsultasi dengan Kemendagri mengenai pelaksanaan open bidding dan job fit pada tahun politik ini. Jika diperbolehkan, maka pelaksanaannya akan dilaksanakan baik sebelum atau sesudah Pilkada.

“Yang pasti sesuai dengan edaran itu, yang utama sekali kita akan menyukseskan Pilkada serentak 2020. Namun, untuk open bidding atau job fit ini tetap akan dikonsultasikan bersama Kemendagri,” tutup Arif, Mantan Sekda Karimun tersebut.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Kepegawaian Pelatihan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kepri, posisi Kepala OPD yang dijabat oleh Plt saat ini adalah, Asisten I Bidang Pemerintahan, Inspektorat Daerah, Dinas Kesehatan, Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan (Barenlitbang), Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Biro Perekonomian, Biro Humas, Protokol, dan Penghubung.

Kemudian kepala OPD yang masuk MPP adalah Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Staff Ahli Heru Sukmoro, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jamhur Ismail. Selain itu adalah Subandi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK). (jpg)