Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Seorang warga Tanjungpinang terkonfirmasi positif terpapar Corona Virus Disease 19 (Covid-19), Selasa (26/5). Saat ini pasien perempuan inisial NU, 29, telah dirawat dan diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Raja Ahmad Thabib (RSUD RAT) Tanjungpinang.

Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Tanjungpinang Rustam, menjelaskan pada 18 Mei 2020 pasien mendatangi RSUD Tanjungpinang dengan keluhan demam dan sesak nafas ringan. Tim medis kemudian melakukan pengambilan swab dan pasien dikategorikan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pasien lalu menjalani isolasi mandiri di rumah.

“Hasil swab PCR hari ini, dinyatakan positif,” jelas Rustam.

Kasus baru nomor 27 ini diketahui beralamat di Jalan Sultan Machmud Gang 45 Tanjung Unggat Bukit Bestari. Sebelum dirawat, pasien sempat tinggal bersama kakaknya di perumahan Kenangan Jaya 2 Tanjungpinang.

“Pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah atau luar negeri,” terangnya.

Menindaklanjuti kasus ini, Tim Gerak Cepat tengah melakukan pelacakan untuk mendalami riwayat pasien. Tim juga telah memetakan dan melakukan pemeriksaan swab terhadap kontak pasien positif guna memutus rantai penularan.

Hingga saat ini, sebanyak 27 warga Tanjungpinang telah terkonfirmasi positif Covid-19. Dari total tersebut sebanyak 20 pasien telah dinyatakan sembuh. Tiga pasien Meninggal. Tiga pasien menjalani isolasi di rumah sakit. Sedangkan satu pasien menjalani karantina rumah. (odi)