PRO PINANG – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana mengatakan per tanggal 27 Mei 2020 penambahan daftara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hanya terjadi di Batam. Menurut Tjetjep, saat ini ada 159 PDP yang sedang menanti hasil swab, apakah dikonfirmasi positif atau negatif.

“Secara keseluruhan memang ada 159 PDP, namun bukan berati semuanya sudah dinyatakan positif. Karena kita masih menunggu proses lab untuk memastikan itu. Karena memang PDP yang dirawat di rumah sakit akan dilakukan swab,” ujar Tjetjep Yudiana, kemarin di Tanjungpinang.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, untuk Kabupaten/Kota lainnya untuk hari ini (kemarin,red) tidak terjadi penambahan jumlah PDP. Kemudian untuk daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Tanjungpinang bertambah 2, dan di Bintan bertambah 6 orang. Selanjutnya OTG bertambah 161 orang yang tersebar di  Batam 109 orang, Tanjungpinang 13 orang, dan Bintan sebanyak 50 orang.

“Diluar tiga daerah tersebut tidak terjadi penambahan. Bertambahnya jumlah ini, karena meningkatkan daftar yang dikonfirmasi postif Covid-19,” jelas Tjetjep.

Masih kata Cecep, berdasarkan data yang dikumpulkan pihaknya dari Kabupaten/Kota, penambahan daftara positif di Provinsi Kepri per 27 Mei 2020 sebanyak 13 kasus di Kota Batam. Disebutkannya, dari 72 orang yang dinyatakan positif saat ini, 40 orang menjalani perawatan di rumah sakit, dan 32 orang lainnya dilakukan karantina terpisah, karena kondisi mereka yang stabil.

“Untuk kasus sembuh masih belum terjadi penambahan hari ini (kemarin,red). Sedangkan yang meninggal disebabkan terpapar Covid-19 sampai saat ini sebanyak 13 orang. Selain itu kita juga menunggu hasil lab 3 PDP yang meninggal, karena positif Covid-19 atau karena penyakit penyerta,” tutup Tjetjep Yudiana. (jpg)