Kapal Oceana yang melayani rute Tanjungpinang-Batam dan sebaliknya saat tiba di Tanjungpinang, belum lama ini. F.Cipi Ckandina / Batam Pos

PRO PINANG – Layanan kapal feri antar pulau di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang akan kembali dibuka pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang.

Kepala Seksi (Kasi) Lalu lintas laut, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Syamsul Nizar menjelaskan, dalam perencanaan pada tanggal 5 Juni 2020 mendatang semua layanan kapal feri antar pulau di Kepri kembali dibuka.

“Semuanya seperti Lingga, Anambas dan Natuna,” kata Syamsul ke Batam Pos, Senin (1/6).

Dijelaskan Syamsul dibukanya layanan kapal feri antar pulau itu atas permintaan masyarakat dan pemerintah kabupaten yang ada di Kepri, seperti Lingga belum lama ini menginformasikan akan kembali membuka kedatangan kapal penumpang.

“Namun tetap memperhatikan apakah ada penumpang atau tidak,” katanya.

Syamsul mengatakan dari pihaknya siap melayani jika ada permintaan pelayaran, serta memperhatikan protokol keamanan covid-19, seperti physical distancing atau menjag jarak antar penumpang.

“Misal ke Batam kapal dengan kapasitas 200 orang hanya diizinkan 100 orang untuk dibawa,” paparnya.

Sementara itu untuk layanan kapal feri dariĀ  SBP Tanjungpinang ke Batam masih lima pelayaran dalam satu hari dan kapal tujuan Dumai masih tiga kali dalam seminggu.

“Kapal ke Batam berangkat paling lama menunggu penumpang selama 2 Jam, misalnya penumpang penuh maka langsung berangkat, kapal pertama juga tetap jam 8 pagi,” ungkapnya.(raw)