PRO PINANG – Kasus penyebaran Corona Virus (Covid-19) di Provinsi Kepri, Batam khusus semakin memuncak sejak sepekan terakhir. Selama priode 26 Mei 2020 sampai 1 Juni 2020 tercatat ada 54 kasus yang dikonfirmasi positif Covid-19. Sementara untuk daftar sembuh dalam priode yang sama ada 14 pasien positif yang dinyatakan sembuh.

“Penyebaran Covid-19 di Provinsi Kepri, Batam khususnya sedang memuncak belakangan ini. Dengan adanya tambahan 12 kasus hari ini (kemarin,red) sudah tercatat ada 52 kasus positif yang terjadi di Batam sejak 26 Mei 2020 sampai 1 Juni 2020,” ujar Juru Bicara Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, kemarin di Tanjungpinang.

Dijelaskannya, jumlah tersebut berdasarkan data yang direkap dari laporan masing-masing Tim Gugus Tugas Kabupaten/Kota yang diterima oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kepri. Sedangkan untuk kasus yang meninggal disebabkan Covid-19 terjadi dalam sepekan ini terjadi 2 kasus, yakni di Batam dan kasus positif pertama di Kabupaten Lingga. Adapun jumlah korban meninggal sampai 1 Juni 2020 tercatat 15 kasus. Selain itu ada satu kasus PDP yang meninggal dan masih dalam proses lab.

Pria yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, secara komulatif jumlah kasus positif di Provinsi Kepri per 1 Juni 2020 sebanyak 207. Adapun kasus lokal sebanyak 176 kasus yang tersebar di lima Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri.  Yakni, Batam 139 kasus, Tanjungpinang 27 kasus, Karimun 5 kasus, Bintan 4 kasus, dan Lingga 1 kasus. Sementara Natuna dan Anambas masih belum ditemukan ada kasus positif Covid-19.

“Sedangkan untuk klaster KM Kelud ada 29 kasus, dan klaster KM. Sabuk Nusantara 48 tercatat 2 kasus. Sehingga jika digabungkan lokal dan 2 klaster tersebut ada 207 kasus. Dari jumlah tersebut yang sudah dikonfirmasi sembuh sebanyak sebanyak 102 kasus, dimana 73 kasus berasal dari lokal dan selebihnya adalah dari Klaster KM. Kelud,” jelasnya.

Masih kata Tjetjep, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dalam sepekan ini juga terus mengalami peningkatan. Begitu juga dengan Orang Dalam Pemantauan (ODP), serta Orang Tanpa Gejala (OTG) di Provinsi Kepri. Dalam upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 ini, masyarakat diharapkan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Pergerakan penyebaran Covid-19 di Kepri sedang memuncak memang terjadi Batam. Kita harus tetap waspada dengan selalu mengedepan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas diluar rumah,” tutup Tjetjep Yudiana. (jpg)