Layanan pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang belum ini. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Memasuki new normal atau tatanan kehidupan baru pada masa pandemi covid-19 Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang batasi layanan pembuatan paspor.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Irwanto Suhaili menjelaskan sejak new normal diterapkan di Tanjungpinang pihaknya sudah kembali membuka layanan paspor termasuk pada hari Sabtu.

“Silahkan masyarakat datang untuk membuat paspor, tetap patuhi protokol kesehatan, cuci tangan dan jaga jarak,” ujar Irwanto, Rabu (1/7).

Dikatakan Irwanto, saat ini layanan pembuatan paspor dibatasi, sebelumnya pandemi covid-19 dalam satu hari melayani sekitar 80 orang, namun saat ini dibatasi hanya 40 orang.

“Dalam satu hari yang membuat paspor saat ini hanya 20-25 orang,” katanya.

Sedikitnya masyarakat yang membuat paspor disebabkan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang saat ini belum buka sehingga minat masyarakat juga berkurang.

“Kita ketahui Malaysia dan Singapura saat ini masih tutup sehingga tidak ada yang akan berangkat ataupun kedatangan,” ucapnya.

Sebelumnya pada saat Tanjungpinang berada dalam zona merah, layanan paspor untuk masyarakat umum sempat ditutup sementara, hanya melayani kebutuhan mendesak, seperti keperluan orang sakit untuk berobat dan keperluan lainnya.

“Saat ini kembali seperti biasa melayani kebutuhan masyarakat Tanjungpinang,” tambahnya. (raw)