Penerima BST saat discan aplikasi oleh petugas untuk verifikasi data sebelum uang diberikan, Senin (6/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) tahap III kembali disalurkan melalui Pos Indonesia Cabang Tanjungpinang.

Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Tanjungpinang, Donny menjelaskan atas instruksi dari pusat BST tahap III sebesar Rp.953.400.000 disalurkan kepada 1.589 Kepala Keluarga (KK) yang merupakan warga kurang mampu di Tanjungpinang.

“Tahap III ini dijadwalkan hingga tanggal 15 Juli mendatang, masing-masing mendapat Rp 600 ribu, “kata Donny di kantornya, Senin (6/7).

Dalam pembagiannya, kata Donny pihaknya sudah menjadwalkan berdasarkan kelurahan yang ada, dijadwalkan 500 KK per hari, masyarakat hanya datang pada jadwal yang sudah ditentukan sehingga tidak terjadi penumpukan massa di kantor pos tersebut.

“Sama seperti tahan dua, kita sudah menjadwalkan dan tetap sesuai protokol kesehatan, “ujarnya.

Sedangkan untuk masyarakat dalam kondisi sakit yang membuatnya tidak bisa datang langsung, kata Donny petugas akan mendatangi langsung ke rumah yang bersangkutan.

Penerima BST saat discan aplikasi oleh petugas untuk verifikasi data sebelum uang diberikan, Senin (6/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

“Namun untuk warga yang datang ke sini tetap seperti tahap sebelumnya, jangan lupa bawa KTP dan Kartu Keluarga dan gunakan masker,” sebutnya.

Saat ditanya apakah ada kelanjutan BST setelah tahap III itu ? Donny mengaku belum menerima informasi resmi terkait kelanjutan BST dari Kemensos, namun dari informasi yang beredar pemerintah akan melanjutkan hingga Desember 2020 dengan nominal Rp 300 ribu per KK.

“Informasinya seperti itu, kita tunggu dulu bagaimana keputusan dari pemerintah, “ucapnya.

Sementara itu salah seorang penerima BST, Hayati, 47, merasa sangat terbantu dengan bantuan tersebut untuk keperluan membeli sembako, terlebih dalam masa pandemi covid-19 bantuan itu sangat bermanfaat.

“Sangat bermanfaat sekali, untuk membeli kebutuhan sehari-hari, “tuturnya. (raw)