Kapal Marina yang baru beroperasi tapi masih menggunakan nama kapal sebelumnya yaitu Oceana 2, Senin (6/7). F.Peri Irawan / Batam Pos.

PRO PINANG – Petugas Keselamatan Berlayar, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Marta Wilaya menjelaskan dua kapal marina yang dikelola oleh PT Budiman Indah Perkasa itu mulai beroperasi sejak 1 Juli 2020 kemarin.

“Baru dua kapal dan masih menggunakan nama kapal sebelumnya, “kata Marta, Senin (6/7).

Untuk jadwal keberangkatan, dijelaskan Marta kapal marina berangkat tiga kali dalam satu hari, brangkat mulai pukul 08.15 WIB, 11.15 WIB dan 15.45 WIB, dengan kapasitas penumpang 50 persen dari jumlah normal, yang biasa satu baris empat penumpang, saat ini hanya dua.

“Jika kapasitasnya 200 orang, kita isi 50 persen saja, “sebutnya.

Saat ini, tiga pekan berjalannya new normal jumlah penumpang yang berangkat setiap harinya sudah mencapai jumlah yang sewajarnya, antara 90-100 orang setiap berangkat, terlebih saat akhir pekan penumpang sudah mulai ramai.

“Penumpang Tanjungpinang ke Batam ini sudah mulai rutin kembali, “katanya.

Diketahui sebelumnya, selama masa pandemi covid-19 di Tanjungpinang hanya satu operator kapal dari oceanna grup yang beroperasi.

Selain itu, Marta menambahkan jadwal kapal ke Batam saat ini sudah bertambah karena keberangkatan dipercepat yang sebelumnya satu kali dua jam, saat ini berangkat satu jam.

“Satu hari ke Batam saat ini bisa 10-12 kali perjalanan, “tutur Marta.

Sementara untuk kapal feri tujuan Anambas saat ini belum rutin, hanya berangkat tiga kali seminggu yaitu Senin Kamis dan Jum’at, sesuai permintaan saja, sedangkan untuk kapal ke Natuna hingga saat ini belum beroperasi.

“Kapal ke Anambas berangkatnya jika ada penumpang saja, jika ada yang pesan, “tambahnya. (raw)