Pencuri 10 karung bawang, Arifudin diamankan di Mapolsek Tanjungpinang Kota, Jumat (10/7). F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

PRO PINANG – Unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Kota meringkus pencuri bawang di Pelantar KUD Tanjungpinang, Rabu (8/7). Saat penangkapan, polisi mengamankan barang bukti 10 karung bawang yang dicuri pelaku di Pasar Mini Bestari Tanjungpinang Kota.

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Reza Anugrah melalui Kasi Humas Aipda Budi Rahmat Indra menjelaskan, pelaku yakni Arifudin, 40 mencuri dengan cara merusak gembok pintu pasar mini menggunakan besi, Selasa (7/7). Selanjutnya pelaku membawa kabur dua karung bawang bombay dan delapan karung bawang merah. Pelaku kemudian menyimpan barang curian tersebut di rumah kontrakannya.

“Aksi pelaku terekam kamera pengintai,” jelas Budi di Mapolsek Tanjungpinang Kota, Jumat (10/7).

Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku akan menjual 10 karung bawang yang dicurinya. Rencananya uang hasil penjualan digunakan untuk biaya pulang ke kampung halamannya di Tembilahan, Riau.

Pencuri 10 karung bawang, Arifudin diamankan di Mapolsek Tanjungpinang Kota, Jumat (10/7). F.Yusnadi Nazar / Batam Pos

“Dia (pelaku) nekat nyuri karena tidak punya uang untuk pulang kampung,” terang Budi.

Sementara itu, pelaku yang sebelumnya bekerja serabutan ini mengaku, dirinya telah tiga bulan terakhir tidak bekerja karena terdampak pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, pelaku bersama istrinya akhirnya memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya.

“Karena tidak punya biaya untuk rapid tes, jadi saya nekat saja (mencuri),” aku Arifudin.

Akibat perbuatannya, pelaku dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman pidana paling lama tujuh tahun penjara. (odi)