Ilustrasi. F.JawaPos.com

PRO PINANG – Seleksi 16 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Provinsi Kepri mendekati babak akhir. Setelah melewati proses wawancara oleh Tim Seleksi (Timsel), tiga nama terpilih untuk setiap posisi akan diumumkan pada 17 Juli 2020 mendatang.

“Semua peserta yang ikut seleksi telah menjalani semua tahapan. Saat ini, Tim Pansel tengah merekap seluruh tahapan penilaian yang diambil dari rekam jejak, kompetensi, uji makalah dan lain sebagainya dari masing-masing peserta open bidding,” ujar Ketua Panitia Seleksi JPTP, TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, Jumat (10/7).

Disinggung mengenai teknis penilaian, pria yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri tersebut menjelaskan, untuk hasilnya nanti secara skema ranking atau skor tertinggi. Namun yang diumumkan nanti, tiga besar nilai tertinggi setelah mendapatkan rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Masih kata Arif, setelah terbitnya rekomendasi KASN, nama-nama yang masuk dalam tiga besar disetiap jabatan yang dipilih akan dibuatkan dalam rekomendasi Timsel untuk diteruskan ke Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto. Karena keputusan akhir adalah merupakan hak proregatif kepala daerah.

“Setelah adanya keputusan dari Plt Gubernur, nama yang terpilih akan disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk meminta persetujuan pelantikan,” tutup Arif.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri sudah melelang 16 jabatan eselon II di lingkungan Pemprov Kepri lewat seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama JPTP. Adapun posisi yang akan dilelang adalah 13 untuk jabatan eselon II.a, dan tiga lainnya adalah diperuntukan bagi pemegang eselon II.b.

Bagi penyandang Eselon II.a, jabatan yang sudah dilelang tersebut adalah Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Staf Ahli Bidang Sosial, Kesejahteraan Rakyat dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Inspektur Daerah, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga.

Selain itu ada juga posisi Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran. Kemudian tiga posisi lainnya yang diperuntukan eselon II.b adalah  Kepala Biro Humas, Protokol dan Penghubung, Kepala Biro Administrasi Perekonomian, dan Direktur Rumah Sakit Raja Ahmad Tabib. (jpg)