Petugas pemadam kebakaran sedang berjibaku memadamkan api yang menghanguskan gedung
multimedia di SMAN 3 Tanjungpinang, Senin (27/7). (Foto:Peri Irawan/Batam Pos)

PRO PINANG – Gedung multimedia di SMAN 3 Tanjungpinang ludes dilalap si jago merah, Senin (27/7) sekitar pukul 14.00 WIB. Gedung itu berisi 40 unit komputer dan alat musik.

Kepala Sekolah SMAN 3 Tanjungpinang, Asmiatiwildany Ramdany menjelaskan saat kebakaran terjadi ruang itu kosong dan paginya gedung itu sempat digunakan untuk pembelajaran daring oleh para guru.

”Itu ruang multimedia isinya 40 unit komputer, ada alat musik dan disebelahnya ada ruang BK,” kata Asmiati di lapangan SMAN 3 Tanjungpinang, Senin (27/7).

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Tanjungpinang, Muhammad Iqbal menyampaikan kebakaran di gedung yang berukuran 8 x 9 meter itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

”Dugaan awal penyebab kebakaran hubungan pendek arus listrik dan kita masih mendalami penyebabnya,” ujar Iqbal di lokasi kebakaran.

Api berhasil dipadamkan selama 30 menit dan saat ini kata Iqbal masih dilakukan evakuasi.

Kemudian Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kota Tanjungpinang, Hantoni menyebutkan pada kejadian itu menurunkan sebanyak empat mobil Damkar dengan muatan masing-masing 5.000 liter air.

”Alhamdulillah api dapat dipadamkan dan sisa kebakaran masih akan dirapikan,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Kepala Sekolah SMAN 3 Tanjungpinang, kata Hantoni kerugian diprediksi mencapai Rp 1 miliar, karena semua alat yang ada di dalam habis terbakar. ”Taksiran untuk sementara waktu mungkin segitu,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Muhamad Dali mengatakan saat ini masih ada dua ruanga multimedia untuk antisipasi pembelajaran daring. ”Ke depannya akan kembali dipikirkan untuk perbaikannya, paling cepat 2021,” tambahnya.(*/raw)