ilustrasi

batampos.co.id – Masyarakat Tanjungpinang mengeluhkan gas elpiji kemasan 3 Kilogram (Kg) tiba-tiba langka sejak dua hari belakangan, padahal masih terlihat mobil pembawa gas dari pangkalan yang mengantar ke pengecer.

Salah seorang pedagang di Jalan Ahmad Yani, David, 55, mengaku kesulitan mendapatkan gas elpiji kemasan tiga Kg sejak Selasa (4/8) kemarin.

”Sejak kemarin saya cari tidak dapat. Pagi ini baru dapat di Pangkalan Batu 6,” kata David, Rabu (5/8).

Lebih parah, David menceritakan awalnya pedagang di pangkalan gas elpiji yang ditemui di Batu 6 mengaku kehabisan, namun David sempat melihat dari celah pintu gas tersebut masih ada dan memaksa untuk membeli satu.

”Saya lihat di dalam masih ada gas, saya buka pintunya sedikit dan mengancam jika tidak diberi gas akan saya foto dan melaporkan, akhirnya diberi satu sama penjual itu,” tutur David saat tiba di warungnya.

Selain itu, pedagang pedagang lain di Jalan Ahmad Yani, Meti 37 mengaku kehabisan gas elpiji kemasan 3 Kg sejak Senin (3/8) lalu. Biasanya ia diantarkan oleh pedagang yang menjual gas tersebut namun sejak dua hari belakang tidak ada.

”Biasanya ada yang antar kesini tapi sekarang tidak ada, karena gas langka mungkin sepertinya,” ucap Meti.

Terpisah Kepala Gudang Agen Gas PT. Bumi Kharisma Pratama yang terletak di Tanjungunggat, Maji mengatakan tidak ada kelangkaan gas elpiji kemasan 3 Kg. Menurutnya karena banyak pemakaian oleh masyarakat saat lebaran Idul Adha untuk memasak daging kurban.

”Tidak langka, biasa saja setiap lebaran haji seperti ini,” kata Maji.

Jika terjadi kelangkaan pasti banyak warga yang datang langsung ke gudang gas tempat ia bekerja. ”Dari lori ke pangkalan saat ini buktinya masih tersalurkan,” sebutnya.

Untuk gas elpiji kemasan 3 Kg selalu masuk setiap dua hari sekali dan penyaluran oleh lori selalu jalan setiap hari. ”Kecuali saat Iduladha kemarin, dan hari Minggu,” tutur Maji.

Ia mengatakan dalam satu hari menyalurkan sebanyak 3.920 tabung gas elpiji 3 Kg menggunakan tujuh lori masing-masing isinya 560 tabung. ”Kelangkaan ini karena libur dua hari kemarin itu saja,” imbuhnya.(*/raw/jpg)