Gerbang masuk ke lokasi kebakaran dipasang garis polisi usai kebakaran, Selasa (11/8).
(f. Peri Irawan / Batam Pos)

PRO PINANG – Ruang pembakaran medis dan kantin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjungpinang hangus terbakar akibat korsleting listrik. Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Damkar Kota Tanjungpinang, Derry Ambary menjelaskan pihaknya menerima laporan dari pihak RSUD Tanjungpinang sekitar pukul 11.30 WIB, Senin (10/8) .

“Ada kebakaran di rumah sakit tepatnya dekat tempat pembakaran medis,” kata Derry, Selasa (11/8).

Derry menjelaskan guna memadamkan api pihaknya menurunkan lima mobil pemadam dan 30 orang personel, sehingga api dapat dipadamkan selama 1 jam karena di lokasi kebakaran banyak bahan medis dan sulit masuk karena beberapa pintu masih terkunci.

“Kami hubungi petugas rumah sakit dulu untuk membuka pintu,” sebutnya.

Selain itu karena kebakaran terjadi dekat dapur dan terdapat beberapa tabung gas elpiji yang harus dipindahkan terlebih dahulu agar tidak terjadi kebakaran yang lebih besar. “Ada dua tabung gas elpiji kami keluarkan,” tambahnya.

Derry menjelaskan akibat lokasi sempit dan beberapa pintu yang terkunci mengakibatkan proses pemadaman cukup lama. Api berhasil dipadamkan sehingga tidak menyebar ke ruangan lain.

“Kebakaran juga berdekatan dengan laboratorium dan ruang kelas utama makanya harus cepat dipadamkan,” tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Tanjungpinang Barat, AKP Indra Jaya mengatakan saat ini belum mengetahui berapa kerugian yang dialami karena masih dalam proses penyelidikan.

“Kerugiannya belum diketahui, intel kita sedang mendalami penyebab kepastian kebakaran,” kata Indra saat dikonfirmasi Batam Pos.(*/raw/jpg)