Sejumlah pengendara menerobos hujan lebat yang mengguyur Tanjungpinang. (Yusnadi/Batam Pos)

PRO PINANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang prediksi hujan seharian masih akan mengguyur Kota Tanjungpinang, beberapa hari ke depan. Apalagi dua hari belakang Kota Tanjungpinang diguyur hujan seharian dari pagi hingga sore bahkan malam hari.

Prakirawan BMKG Kota Tanjungpinang, Arditho menjelaskan hujan seharian diprediksi masih akan terjadi pada Selasa (15/9), sedangkan untuk hujan lokal pada siang hari ia memperkirakan selama satu pekan ke depan.

“Prediksi kita hujan seharian besok (Selasa, red),” kata Arditho kepada Batam Pos, Senin (14/9).

Meskipun hujan seharian, untuk aktivitas perjalanan laut dinilai masih aman karena ketinggian gelombang laut masih berkisar antara 0,3 meter sampai satu meter.

Sedangkan kecepatan angin saat hujan lebat dinilai cukup kencang karena mencapai 30 kilometer per jam. Namun jika hujan sedang merata kecepatan angin tidak terlalu kencang.

“Kalau hujannya tidak merata, banyak awan hitam biasanya angin kencang,” katanya.

Kondisi gelombang laut dikatakan Ardhito, sama untuk wilayah Kabupaten Bintan dan Anambas maksimal satu meter, namun untuk perairan Natuna cukup tinggi mencapai dua meter.

“Diimbau kepada pengendara sepeda motor agar tidak memaksakan bepergian saat hujan lebat, karena potensi pohon tumbang yang berbahaya serta jarak pandang juga pendek, termasuk bahaya longsor saat hujan juga harus diperhatikan,” imbaunya.

Untuk peringatan dini Ardhito meminta warga agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada 14, 15, 18, 19, dan 20 September 2020 dan waspada potensi terjadinya gelombang tinggi mencapai 2,5 meter di wilayah perairan Anambas hingga Natuna pada Kamis (17/9) dan Sabtu (19/9) mendatang.(*/raw/jpg)