Alumni Umrah jurusan Teknik Informatika angkatan 2013, Sayy-
idah Nur Habibah. (istimewa)

PRO PINANG – Alumni Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) jurusan Teknik Informatika angkatan 2013, Sayyidah Nur Habibah berhasil bekerja di Perusahaan Social Impact-USAID, salah satu perusahaan Amerika Serikat yang bergerak di bidang penelitian sosial, sebagai asisten penelitian.

Sayyidah menjelaskan perjalanannya bisa bekerja di perusahaan itu pada awalnya mencari kesibukan dan mengisi waktu di masa pandemi Covid-19 dan mengisi waktu sambil mengerjakan tesis.

Dalam perekrutannya gadis kelahiran Pekanbaru itu mengaku mengikuti beberapa tahapan dengan cara wawancara secara daring menggunakan aplikasi skype langsung dengan pihak perusahaan Amerika ini.

”Sekitar tiga tahap interview langsung dengan orang Amerika,” kata Sayyidah saat dijumpai di Tanjungpinang, Selasa (15/9).

Dia menjelaskan perusahaannya bekerjasama dengan USAID yang berada di bawah naungan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat, perusahaan tempatnya bekerja merupakan perusahaan di bidang penelitian. Salah satu misinya yaitu mendorong perkembangan ekonomi dan melindungi lingkungan.

”Saya juga termotivasi untuk melangkah lebih dari dosen saya, yang mana mereka bisa kuliah ke Jepang dan Amerika,” ujarnya.

Sayyidah menyebutkan selain sering mencari informasi yang sangat penting dipersiapkan adalah kemampuan berbahasa Inggris yang diperkuat melalui membaca dan prakteknya.

“Saya juga mengikuti Toastmaster Club di Australia secara daring setiap minggunya dan ini sangat membantu saya dalam hal public speaking dan Bahasa Inggris juga semakin banyak relasi saya yang merupakan native speaker,” ujarnya.

Saat ini ia sedang menjalani kuliah strata dua (S2) World Class di Universitas Andalas (Unand) Padang jurusan Integrated Natural Resources Management. Ini membuatnya lebih sering membaca literatur dan lebih sering menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya.

”Ketika kita akan interview suatu perusahaan kita harus tahu betul latar belakang perusahaan yang dilamar agar bisa mempersiapkan diri dengan maksimal” sebutnya.

Dirinya berpesan kepada mahasiswa Umrah sebisa mungkin saat menimba ilmu memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya, tidak monoton kuliah saja sehingga banyak pengalaman juga diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang positif di luar kampus.(*/raw/jpg)