Petugas Pom memeriksa surat kendaraan personel di Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Rabu (16/9). (istimewa)

PRO PINANG – Polisi Militer Pangkalan Utama Angkatan Laut (Pom Lantamal) IV Tanjungpinang menggelar Operasi Penegakan Penertiban Disiplin (Gaktiblin) di depan Mako Lantamal IV Jalan Yos Sudarso Tanjungpinang, Rabu (16/9). Operasi bertujuan untuk penegakan hukum dan meningkatkan kedisiplinan serta tata tertib personel.

Komandan Pom Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Dedy Ari Yuanto, mengatakan operasi yang diberi sandi Waspada Wira Pari tersebut sebagai bentuk penegakan disiplin personel saat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat di jalan raya.

Sebelum melaksanakan operasi, kata Dedy, petugas Pom harus bersih agar dapat menegakan aturan dengan tegas dan benar. ”Operasi ini sebagai upaya Pomal untuk menegakkan disiplin kepada seluruh personel Lantamal IV,” jelasnya.

Saat operasi berlangsung, kata Dedy, setiap personel serta Pegawai Negeri Sipil (PNS) di periksa petugas Pom. Personel yang menggunakan kendaraan berplat dinas maupun non dinas, diperiksa kelengkapan surat kendaraan seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), hingga persyaratan dan perlengkapan kendaraan seperti kaca spion, klakson, lampu rem dan lampu penunjuk arah.

”Selain itu petugas Pom juga menekankan penggunaan masker kepada personel,” terangnya.

Dedy menambahkan, Operasi gakktib yang di gelar berjalan lancar dan tertib. Personel dan PNS yang kedapatan tidak melengkapi surat-surat kendaraan, akan diberikan sanksi berupa tilang. ”Tidak ada yang terjaring. Seluruh personel telah melengkapi surat kendaraannya,” tutupnya. (*/odi/jpg)