Plt Wali Kota Tanjungpinang, Rahma membagikan masker kepada salah seorang pengendara dalam gerakan sejuta masker, Kamis (17/9). (F. PEri iraWan/Batam Pos)

PRO PINANG – Pemko Tanjungpinang mengkampanye gerakan sejuta masker yang merupakan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Tanjungpinang. Yakni dengan membagikan 23 ribu masker kepada masyarakat di 10 titik keramaian.

Kampanye gerakan sejuta masker serentak dilakukan se-Indonesia sebagai upaya pencegahan Covid-19. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan saat ini kasus Covid-19 masih terus bermunculan dan menyebar di seluruh lapisan masyarakat. Kondisi ini diperlukan tindakan yang nyata dan secara terus menerus dilaksanakan untuk menimbulkan perubahan perilaku.

”Pagi ini kita mendukung gerakan pembagian sejuta masker serentak dilakukan se Indonesia,” kata Rahma, di Lapangan Pamedan, Kamis (17/9).

Dalam kegiatan itu melibatkan jajaran kesehatan yang berasal dari Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Tanjungpinang, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk KB).

Pembagian serentak pada 10 titik keramaian di Tanjungpinang yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Pasar Baru Tanjungpinang, Tugu Pahlawan, Pasar Raya 21, Perempatan Batu Enam, Pertigaan Al-Baiq, Perempatan Lotus, Pasar Bintan Center, Pinang Lestari.

Dijelaskan Rahma kegiatan itu sejalan dengan pelaksanaan Instruksi Presiden RI nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakkan protokol kesehatan.

Pelaksanaan instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 20 tahun 2020 tentang pedoman teknis penyusunan peraturan kepala daerah dalam rangka penerapan disiplin penegakan hukum sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

”Serta memperhatikan peraturan wali kota nomor 29 tahun 2020 tentang pedoman perilaku masyarakat produktif dan aman dalam pencegahan Covid-19 yang harus ditindaklanjuti secara nyata,” paparnya.

Sementara itu Direktur Poltekkes Kemenkes Tanjungpinang, Iwan Iskandar mengatakan inti dari kegiatan ini bagaimana masyarakat disiplin menggunakan masker.

”Sebenarnya tidak fokus ke titik keramaian, tim juga akan bergerak ke masyarakat,” katanya.

Sebelumnya dari pihak kepolisian juga sudah membagikan ke beberapa lokasi dan semoga pembagian 23 ribu masker itu selesai dalam waktu yang cepat.(*/rwa/jpg)