Salah satu pedagang cabai di Pasar Baru Tanjungpinang.
( F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Harga cabai merah berangsur naik menyentuh angka Rp 52 ribu per Kilogram (Kg) di Pasar Baru I Tanjungpinang. Sebelumnya pantauan Batam Pos harga cabai dan kebutuhan masak lainnya di beberapa pasar di Tanjungpinang cenderung stabil seperti cabai merah pekan lalu masih dijual Rp 32 ribu per Kg.

Pedagang cabai dan sayur di Pasar I Tanjungpinang, Abdurahman mengatakan kenaikan cabai merah terjadi sejak beberapa hari belakang, kenaikan dimulai dari Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu per Kg.

”Sekarang harganya sudah Rp 52 ribu per kilonya, naiknya sampai Rp 5 ribu per kilo, mahal betul,” kata Abdurahman, Minggu (4/10).

Menurutnya, kenaikan terjadi akibat harga dari pemasok tempatnya biasa membeli dagangan juga mulai naik dan cabai merah yang masuk juga sedikit.

”Dari pemasok di Bukitinggi juga mulai naik di angka Rp 38 ribu per Kg,” sebutnya.

Meski demikian walaupun harga naik, penjualan malah lebih lancar dibanding saat harga cabai Rp 28-30 ribu per Kg, satu hari bisa habis 5-7 Kg di lapaknya.

”Kalau harga murah jualnya susah, kalau harga naik lebih mudah, mungkin orang takut kehabisan barangkali. Saat kondisi seperti ini bisa menjual 5 Kg cabai merah itu sudah lumayan,” tuturnya.

Selain cabai merah kebutuhan masak lainnnya yang mulai naik adalah bawang Jawa, saat ini dijual Rp 36 ribu per Kg, sebelumnya dijual Rp 32 ribu per Kg, termasuk bawang Birma sekarang dijual Rp 20 ribu per Kg dari sebelumnya Rp 18 ribu per Kg ”Naiknya baru juga yakni minggu ini,” sebutnya.

Namun untuk harga cabai hijau malah terjadi penurunan, saat ini dijual Rp 30 per Kg dari sebelumnya sampai Rp 36 ribu per Kg. ”Cabai rawit juga naik Rp 2 ribu, kemarin masih Rp 28 ribu, sekarang Rp 30 ribu,” tambahnya.(*/raw/jpg)