Kondisi lahan parkir Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang usai hujan beberapa waktu lalu, Senin (15/7). F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT. Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB) pada 2021 mendatang mulai mengelola parkiran di Kawasan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanjungpinang.

Direktur Utama (Dirut) PT. TMB, Fahmy mengatakan untuk 2021 nanti pihaknya akan mengelola parkir di kawasan Pelabuhan SBP Tanjungpinang, setelah kontrak pihak ketiga dengan Pelindo I Tanjungpinang habis, selanjutnya pengelolaan parkir akan dikelola BUMD.

“Setelah kontrak mereka habis maka kita masuk untuk ke depannya, ambil pengelolaan parkir,” kata Fahmy, Senin (5/10).

Dijelaskan Fahmy nantinya setelah pengelolan parkir mulai dilakukan, pihaknya akan memperindah tampilan dan sistem perparkiran, ia mengakui saat ini sudah bagus namun pihaknya memiliki inovasi baru untuk dijalankan, seperti aplikasi yang mencatat waktu mobil masuk dan keluar dari lokasi parkir.

“Nanti juga ada pemberitahuan jika kapasitasnya sudah full,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dikatakan Fahmy BUMD juga akan menyediakan tempat khusus parkir inap untuk keperluan masyarakat yang mungkin meninggalkan mobil diparkiran dalam beberapa hari.

“Intinya ada perubahan yang lebih baik, seperti penitipan helm kita buat untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Saat ini persiapannya, BUMD sudah memasukkan berkas yang diperlukan seperti proposal dan gambaran perencanaan kepada pihak Pelindo I Tanjungpinang.

“Tinggal dilakukan MoU (Memorandum on Understanding) saja oleh pihak Pelindo bersama BUMD. Setelah itu, kita mulai beli peralatan,” tambahnya.(*/raw/jpg)