PRO PINANG – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin mengajak para pegawai Pemprov Kepri melakukan aktivitas sederhana dan murah namun bermanfaat besar. Baik bagi lingkungan maupun ketersediaan sumber buah dan ke depan.

“Saya bersama Pak Sekda dan teman-teman OPD akan membuat anjuran penanaman pohon buah-buahan satu pegawai satu pohon di lingkungan Perkantoran Provinsi Kepulauan Riau. Bibitnya akan disiapkan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan. Pasti ke depan akan memberi manfaat,” ujar Bahtiar saat memulai penanaman pohon buah di halaman kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Minggu (11/10).

Penanaman pohon-pohon buah itu disejalankan dengan aktivitas jalan dan sepeda santai. Aktivitas sepeda bermula dari Gedung Daerah, menuju Dompak. Sementara Jalan Santai bermula dari Tugu Provinsi, Dompak.

Bahtiar, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah dan sejumlah Kepala OPD masing-masing menanam satu pohon buah. Demikian pula Pjs Ketua TP PKK Kepri, Sofa Marwah Bahtiar dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kepri, Rismarini Arif.

Bahtiar ingin kegiatan sederhana dan murah ini berlangsung terus ke depan. Apalagi ada ribuan pegawai Kepri. Sehingga akan banyak pohon buah yang bisa ditanam. Tentu bertahun-tahun ke depan akan ada hasilnya.

Penjabat sementara Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin menanam pohon di halaman kantor Gubernur Kepri, Dompak, Minggu (11/10). (foto:humaspemprov)

Memang berkaca dari pandemi Covid-19 ini, hanya sektor pertanian dan perikanan yang tumbuh besar. Bahtiar ingin aktivitas menanam pohon buah ini diikuti oleh masyarakat Kepri. Termasuk dengan memanfaatkan lingkungan rumah untuk menanam pohon buah.

”Seluruh masyarakat kita diajak untuk menanam pohon, karena pohon dan manusia adalah satu kesatuan dalam berkehidupan apalagi sekarang kita menghadap musim pancaroba,” tambahnya.

Disamping itu, Pjs Gubernur menyadari penyebaran virus Covid-19 yang hingga kini belum dapat ditemukan obatnya, berdampak terhadap keterpurukan ekonomi masyarakat, di mana daya beli terus menurun. Karena itu, masyarakat harus mulai memanfaatkan lahan pekarangannya untuk menanam tanaman umur panjang.

”Maka ini dijadikan sebagai skenario-skenario bertahan jangka panjang dengan semangat betapa pentingnya sebagai penyangga,” kata Bahtiar.

Terakhir, menurut Dirjen Polpum Kemendagri ini, dengan diinisiasinya berolahraga seperti jalan santai dan bersepeda dan lanjut menanam pohon, maka ini disasarkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh dan ketahanan pangan di Kepulauan Riau di tengah mewabahnya Covid-19 dan menyambut Pilkada Serentak 2020.

”Dengan sambil olah raga bersama untuk menjaga imun tubuh dan mengajak kawan-kawan untuk menanaman pohon di kota terindah se Indonesia, kita menjadi sehat, Pilkada sehat dan Kepri maju,” katanya.(*/uma)