Komisi I DPRD Tanjungpinang saat memantau mesin cetak e-KTP di Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Selasa (13/10). (foto:peri irawan/batampos

PRO PINANG – DPRD Tanjungpinang menganggarkan pengadaan dua mesin cetak e-KTP dan 10 unit komputer untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada APBD Perubahan. Bantuan ini dalam rangka percepatan pelayanan dokumen kependudukan.

Ketua Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang, Novaliandri Fathir mengatakan saat ini alat cetak e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Disdukcapil sudah banyak yang rusak.

Di mana hanya ada satu alat untuk mencetak kedua kartu identitas tersebut. ”Pada APBD Perubahan ini kami sudah menganggarkan dua unit alat cetak e-KTP dan 10 unit komputer untuk membantu percepatan pelayanan,” kata Fathir, Selasa (13/10).

Tidak hanya itu ke depan, kata Fathir Komisi I juga berkomitmen membantu menambah blangko e-KTP melalui dana alokasi yang ada serta memperjuangkan pada bagian anggaran (Banggar).

Harapannya agar tidak terjadi lagi kekurangan blangko yang saat ini sering terjadi. ”Agar slogan satu jam siap bisa tercapai,” katanya.

Sebelum pembahasan anggaran Fathir mengatakan, Komisi I akan survei kepada mitranya agar lebih tepat sasaran dan kebutuhan dari mitra tersebut dapat diprioritaskan.

Sementara itu, anggota Komisi I DPRD Tanjungpinang, Agus Chandra Wijaya menambahkan untuk pelayanan nantinya bisa dilakukan di luar kantor Disdukcapil. Seperti pelayanan mobil keliling agar masyarakat yang jauh lebih mudah mendapat pelayanan. ”Seperti mobil SIM keliling milik polres, warga bisa dilayani di tempat tersebut,” katanya.

Kemudian pihaknya juga mendorong Pemko Tanjungpinang agar memperhatikan kebutuhan dinas agar bisa maksimal dalam memberikan pelayanan publik.

”Tidak di sini saja, nantinya ke dinas perizinan dan dinas lain yang berhubungan dengan pelayanan juga harus ditingkatkan,” tambahnya.

Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto mengaku senang atas dukungan DPRD Tanjungpinang yang membantu penyediaan alat percetakan tersebut. ”Terharu gembira kita mendapat dukungan mengganti komputer dan alat rusak,” sebutnya.(*/raw/jpg)