Warga melakukan perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil Tanjungpinang. F.Yusnadi / Batam Pos

PRO PINANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang gesa perekaman dan percetakan 1.500 KTP pemula jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak.

Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto mengatakan untuk percepatan perekaman e-KTP itu pekan lalu pihaknya sudah menerima blangko e-KTP sebanyak 4.000 keping

dari Disdukcapil Provinsi, walaupun yang diusulkan sebanyak 6.000 keping. ”Memang dalam waktu dekat blangko itu akan habis tapi targetnya pada awal November diajukan lagi karena masih ada 1.500-2.000 pemilih pemula belum melakukan perekaman,” kata Irianto, beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, Disdukcapil juga lakukan jemput bola untuk perekaman ke rumah warga yang sakit, lanjut usia (Lansia) atau warga yang terkena gangguan jiwa untuk mencapai target Pilkada, sementara untuk target nasional pihaknya sudah melampaui target.

”Awal November kita ajukan kembali dan itu sudah mendapat respon dari pusat,” ujarnya.

Dikatakan Irianto, memang blangko yang didapat lebih sedikit karena dari pusat juga harus membagi blangko e-KTP itu ke berbagi daerah lain terutama yang mengikuti Pilkada.

Usaha lain untuk mengejar target percetakan sebelum Pilkada adalah melalui forum RT/RW untuk menggesa warganya yang belum merekam e-KTP segera datang ke kantor Disdukcapil.

”Di kantor kita satu hari bisa merekam sampai 70 orang dan diminta kesadaran juga kepada remaja yang belum memiliki agar segera merekam e-KTP,” sebutnya.

Selama ini forum RT/RW juga aktif membantu Disdukcapil memberi bantuan saat ada warga yang sakit, membutuhkan bantuan atau yang belum memiliki data kependudukan.

”Saat ada informasi itu kami langsung datangi warga tersebut dan membuatkan dokumen kependudukannya,” ucapnya. (*/raw/jpg)