Lampu Penerangan Jalan Umum di Jalan Pramuka Tanjungpinang. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tanjungpinang luncurkan aplikasi Sistem Pelayanan Penerang Lampu Jalan Umum Tanjungpinang (Silajang).

Kadisperkim Kota Tanjungpinang, Djasman mengatakan aplikasi itu sangat membantu Disperkim untuk mengetahui laporan terkait permasalahan lampu Penerang Jalan Umum (PJU) yang disampaikan oleh masyarakat secara cepat.

“Sebaliknya, memudahkan masyarakat dalam menyampaikan laporan permasalahan PJU,” kata Djasman, Kamis (22/10).

Dijelaskan Djasman, selama ini laporan terkait kerusakan PJU sering telat diterima oleh pihaknya, sehingga penanganan yang dilakukan juga sering terlambat. Dengan adanya aplikasi itu berbagai laporan akan langsung diketahui.

“Karena aplikasi ini berbasis android, laporannya jadi realtime,”ujarnya.

Pada tahap awal, Djasman menyampaikan aplikasi itu akan dilakukan uji coba di Kelurahan Penyengat sebagai pilot project, akan dilihat tingkat keberhasilannya jika sesuai rencana maka akan diterapkan di seluruh Tanjungpinang.

“Tahap awal kita lakukan di Kelurahan Penyengat dulu,” sebutnya.

Ia mengatakan aplikasi Silajang juga mendukung kota Tanjungpinang menjadi smart city seperti peluncuran beberapa aplikasi di Kota Tanjungpinang sejak beberapa waktu lalu. Seperti Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan dan Catatan Sipil (Sikancil), Tanjungpinang Aktual (Tanjak).(*/raw/jpg)