Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tanjungpinang melakukan tes urine terhadap Jaksa dan pegawai Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, Kamis (22/10).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah antisipasi penyalahgunaan dan peredaran narkotika di lingkungan Kejari Tanjungpinang.

Kepala Kejari Tanjungpinang, Ahelya Abustam menjelaskan tes urine sesuai I Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika.

”Salah satu programnya tes urine dilakukan sebagai langkah pencegahan. Semoga hasilnya negatif,” terangnya.

Jika ditemukan hasil positif dalam tes urine tersebut, maka akan diproses sesuai aturan yang berlaku. ”Jika terbukti pengguna akan diserahkan ke BNN untuk direhabilitasi. Jika perannya lebih jauh maka akan diproses hukum,” kata Ahelya.

Di tempat yang sama, Kepala BNNK Tanjungpinang, AKBP Darsono mengatakan tes urine sebagai bentuk pencegahan dalam pemberantasan penyalahgunaan narkotika di Tanjungpinang.

Menurutnya, seluruh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), telah bekerja sama dan menandatangani MoU bersama BNN dalam melakukan test urine.(*/odi/jpg)