Penyerahan cenderamata kepada Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemko
Tanjungpinang, Riono usai sosialisasi, Kamis (22/10). (istimewa)

PRO PINANG – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tanjungpinang memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang digelar pada masa pandemi Covid-19.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Pemerintah Kota Tanjungpinang, Riono mengatakan pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 berbeda dari tahun sebelumnya, karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19.

Situasi tersebut menjadi tantangan bagi semua pihak untuk mengambil kebijakan dan langkah yang luar biasa agar pesta demokrasi berjalan dengan baik.

”Masyarakat kita harus dibekali pengetahuan dan pemahaman mengenai protokol Covid-19 saat pemilihan Gubernur Kepri, agar berjalan aman, tertib, lancar, damai, dan masyarakat tetap sehat,” kata Riono, Kamis (22/10).

Dijelaskan Riono, peran serta masyarakat sangat diharapkan sebagai bentuk partisipasi dalam menyukseskan pilkada serentak sekaligus mewujudkan demokrasi dan langkah merealisasikan kedaulatan rakyat.

”Partisipasi masyarakat menjadi indikator peningkatan kualitas demokrasi dan kehidupan politik bangsa, sehingga untuk menghindari adanya golput perlu dilakukan peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya demokrasi,” ungkapnya.

Lanjut Riono, saat pandemi Covid-19 peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur dengan memperhatikan protokol kesehatan menjadi penting bagi semua orang.

”Pemahaman ini untuk memperkuat partisipasi masyarakat agar terselenggaranya demokrasi yang efektif dan efesien,” ucapnya.

Melalui kegiatan itu, diharapkan masyarakat kota Tanjungpinang dapat memahami tentang pelaksanaan Pilgub pada masa pandemi Covid-19 ini, berikan pertanyaan jika ada hal yang perlu dipertanyakan.(*/raw/jpg)