Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang, AKP Burungudju. F.Yusnadi / Batam Pos

PRO PINANG – Kurir sabu jaringan antarprovinsi, MA telah berulang kali menyelundupkan sabu ke berbagai daerah di Indonesia. Pelaku diketahui telah tiga kali meloloskan puluhan kilo sabu asal Malaysia melalui Tanjungpinang ke Lampung, Bengkalis Provinsi Riau dan Madura, Jawa Timur.

Kasat Narkoba Polres Tanjungpinang, AKP Ronny Burungudju mengatakan dari hasil penyelidikan, pelaku mtelah membawa 21 kilogram (Kg) sabu ke Lampung. 10 Kg ke Bengkalis Riau dan 1 Kg ke Madura. “Tiga kali lolos. Untuk ke empat kalinya, pelaku tertangkap,” ungkap Ronny, Minggu (1/11).

Kepada polisi, pelaku mengaku puluhan kilo barang haram tersebut diperolehnya dari seorang bandar di Malaysia. Atas pengakuan pelaku, polisi terus melakukan penyelidikan lebih lanjut guna mengungkap penyelundupan sabu ke berbagai daerah di Indonesia.

“Pelaku membawa sabu dari Malaysia ke Tanjungpinang. Selanjutnya sabu dibawa ke sejumlah daerah menggunakan transportasi darat dan laut,” terang Ronny.

Sebelumnya diketahui, Satnarkoba Polres Tanjungpinang berhasil mengungkap jaringan kurir sabu antarprovinsi di Tanjungpinang dan Bintan, Selasa (20/10) lalu.

Selain menangkap dua pelaku yakni SH dan MA, polisi juga menyita barang bukti kejahatan berupa 400 gram sabu yang akan diselundupkan ke Madura Jawa Timur.

Atas perbuatannya, dua pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 dan atau Pasal 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana 5 hingga 20 tahun penjara. (*/jpg)