Ketua KPU Tanjungpinang, Aswin.F.Istimewa

PRO PINANG – Sebanyak 407 warga Tanjungpinang akan melakukan pencoblosan gubernur dan wakil gubernur lebih awal. Ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang menggelar simulasi pencoblosan Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Terminal Sei Carang pada Sabtu (21/11) besok.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan simulasi akan dimulai pukul 07.00 WIB hingga selesai dengan melibatkan 407 Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) 20 Kelurahan Air Raja.

”Kita libatkan orangnya langsung yang terdaftar dalam DPT untuk simulasi ini,” kata Aswin, Kamis (19/11) .

Dalam simulasi itu nantinya akan menggunakan kertas surat suara khusus untuk simulasi dengan merubah nomor dan nama pasangan calon (Paslon), sebab jika tidak diubah dikhawatirkan ada prasangka bahwa KPU mengarahkan pemilih untuk memilih Paslon tertentu.

”Kita gunakan spesimen surat suara untuk simulasi, kita ubah nama dan nomornya,” ujar Aswin.

Dalam simulasi itu, kata Aswin akan dimulai dari pengarahan peserta untuk mencuci tangan terlebih dahulu, dilakukan pengukuran suhu tubuh sebelum masuk ke TPS.

”Jika suhu di atas 37,3 derajat celcius akan diarahkan ke bilik khusus,” ungkapnya.

Dikatakan Aswin simulasi itu tidak jauh berbeda dengan simulasi Pemilu sebelumnya, hanya ada penambahan penerapan protokol kesehatan menggunakan masker sekali pakai, sarung tangan sekali pakai, penyediaan tempat cuci tangan.

”Penerapan protokol kesehatan saja bedanya,” sebut Aswin.

Sedangkan untuk mempercepat penghitungan suara pihaknya juga akan menggunakan alat bantu sistem informasi rekapitulasi (Sirekap) untuk mempercepat proses penghitungan. (*/raw/jpg)