Pedagang sayuran di Pasar Bintan Center sedang melayani pembeli, Senin (23/11). (foto:Peri Irawan/batampos

PRO PINANG – Dampak hujan berkepanjangan yang mengguyur Tanjungpinang beberapa hari terakhir, membuat harga sayuran di Pasar Tradisional Bintan Center mulai mengalami kenaikan Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu per Kg.

Iyan, salah seorang pedagang sayur di Pasar Bintan Center mengaku hari Senin (23/11) harga sayur rata-rata naik Rp 4 ribu sedangkan dua hari sebelumnya hanya naik Rp 500. Kangkung yang beberapa hari sebelumnya hanya Rp 6 ribu, kini dijual Rp 10 ribu, lalu bayam yang sebelumnya Rp 8 ribu sekarang Rp 12 ribu, dan sawi dari Rp 8 ribu menjadi Rp 12 ribu.

”Kalau sayur sawi ini seperti sawi manis, sawi minyak cepat busuk sehingga harus habis dalam satu hari,” kata Iyan saat dijumpai di Lapaknya, Senin (23/11).

Ia menuturkan ketahanan sayur seperti kangkung, sawi dan bayam pada hari normal hanya tahan dua hari, jika tidak habis pada hari ke tiga kondisi sayur tidak bagus, sehingga berdampak pada harga penjualan.

”Kalau curah hujan tinggi gini tahannya satu hari saja, besoknya terpaksa jual harga modal daripada tidak laku,” tuturnya.

Sedangkan untuk penjualan, walaupun harga naik tidak begitu sulit karena barang yang akan dijual juga tidak banyak sehingga sayur yang ada juga cepat habis. Sayur yang datang dari pemasok juga berkurang karena harus membagi dengan beberapa pedagang lainnya.

”Penjualan justru cepat habis karena sayur yang mau dijual juga sedikit,” ucapnya.

Sementara itu, Opah, pedagang sayur dan cabai juga menyampaikan hal serupa sejak hujan beberapa hari belakang harga sayur mengalami kenaikan. ”Karena hujan sayur yang masuk jadi sedikit harga jadi naik,” tambahnya.

Lia salah seorang pembeli mengaku walaupun harga naik tetap harus membeli karena sudah menjadi kebutuhannya yang rutin membeli bayam setiap dua hari sekali. Dengan kenaikan Rp 5 ribu juga merasa keberatan sebab harus membagi uang belanja pasar dengan kebutuhan lain.

”Ya walaupun harga naik, tetap harus dibeli sudah menjadi kebutuhan juga,” sebutnya. (*/raw/jpg)