Komisioner KPU Kota Tanjungpinang Muhammad Yusuf Mahidin. F.Peri Irawan / Batam Pos

PRO PINANG – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 hanya tinggal 10 hari lagi. KPU Kota Tanjungpinang tetap mengupayakan memberikan hak pilih kepada semua pemilih termasuk pasien yang sedang terpapar Covid-19 dan menjalani isolasi baik di rumah sakit maupun tempat karantina.

Komisioner KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini sedang meminta data pasien yang sedang diisolasi kepada satuan tugas (Satgas) percepatan penanganan covid-19 di Tanjungpinang. Akan didata berapa jumlah dan tempat pasien tersebut diisolasi.

”Kami sudah menyurati satgas dan pihak rumah sakit untuk mengumpulkan data,” kata Yusuf, Minggu (29/11) .

Untuk mekanismenya, kata Yusuf nantinya petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak di sekitaran pasien yang menjalani isolasi, akan didatangi petugas membawa alat pencoblosan menggunakan baju azmat dan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap lainnya.
”Akan didatangi petugas dengan koordinasi dengan satuan tugas,” ujarnya.

Petugas TPS yang mendatangi pasien yang isolasi turut didampingi oleh Panitia Pengawas (Panwas) TPS. Tidak hanya itu pasien yang sedang diisolasi yang akan mencoblos juga akan dilengkapi dengan APD seperti masker, sarung tangan untuk menghindari penyebaran virus corona melalui surat suara dan alat coblos lain.

”Akan didampingi oleh petugas kesehatan membantu mengarahkan petugas saat mendatangi pasien tersebut,” tambahnya.

Sementara untuk di rutan menggunakan TPS khusus, termasuk KPPS-nya dari petugas rutan. (*/jpg)